Dampak Melahirkan Secara Caesar

Caesar

Masa Kehamilan. Melahirkan secara caesar sebenarnya ditujukan untuk wanita hamil yang mengalami komplikasi. Namun belakangan persalinan dengan cara ini lebih banyak diminati karena wanita tak ingin merasakan nyeri persalinan yang mengerikan. Meski tak sakit, tapi operasi caesar ternyata juga punya efek samping jangka panjang.

Permintaan persalinan caesar di seluruh dunia semakin meningkat. Selain karena makin banyak wanita hamil yang mengalami komplikasi selama masa kehamilan, persalinan ini untuk juga banyak diminta tanpa alasan medis yang jelas. Sebagian besar karena si ibu takut melahirkan secara normal.

Padahal bila tanpa komplikasi, melahirkan secara normal jauh lebih baik ketimbang caesar. Terlebih lagi, operasi caesar meninggalkan efek samping jangka panjang.

Berikut beberapa efek samping jangka panjang dari persalinan caesar, seperti dilansir Boldsky

Bekas luka
Persalinan secara caesar akan meninggalkan bekas luka sepanjang hidup. Tapi masalahnya bukan hanya kosmetik, tapi Anda juga memiliki jaringan parut yang terbentuk di tempat perut dipotong. Jaringan parut inilah yang dapat menyebabkan masalah nantinya. Bagaimana jika Anda perlu melakukan operasi penting lainnya di kemudian hari?

Butuh istirahat lebih lama
Wanita yang melahirkan secara caesar biasanya akan memerlukan masa istirahat total (bed rest) selama 3 bulan. Bagi wanita karir, hal ini tentu menjadi masalah karena wanita hanya mendapatkan 3 bulan cuti bersalin.

Hernia
Hernia sangat umum terjadi setelah persalinan caesar. Jika Anda tidak cukup mendapatkan istirahat setelah melahirkan, Anda mungkin berakhir dengan hernia.

Kecil kemungkinan untuk persalinan normal
Bila anak pertama sudah dilakukan dengan persalinan caesar, maka kecil kemungkinan wanita bisa melahirkan secara normal pada persalinan berikutnya. Dan jika kehamilan kedua juga dilakukan dengan caesar, maka dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk tidak memiliki anak lagi. Pemotongan perut dan membukanya 2 kali bisa menyebabkan banyak trauma.

Sakit punggung
Setelah persalinan caesar, wanita paling sering mengeluh sakit punggung. Kondisi ini terjadi karena anestesi epidural dan juga efek jahitan. Setiap kali Anda tertawa atau batuk, jahitan di perut akan menegang dan dapat menyebabkan sakit punggung.
Share on Google Plus

About ADM

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar