Manfaat Tidur Siang bagi Tumbuh Kembang Anak


Kebanyakan Anak paling sukar untuk diajak tidur siang, apalagi kalau sedang asik bermain dengan teman-teman sebayanya. Sekarang saya akan mengajak Anda untuk mengetahui apa sih manfaatnya Tidur siang pagi Anak??

Menurut riset Tidur siang selama satu jam setelah makan dapat membantu anak-anak dalam proses belajar. Sebuah penelitian berskala kecil di Amerika Serikat menunjukan bahwa daya ingat anak-anak berusia tiga hingga lima tahun meningkat jika mereka tidur siang.

University of Massachusetts Amherst telah menguji 40 anak dan laporannya yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.
Mengatakan keuntungan ini akan terasa pada siang hari setelah bangun tidur hingga hari berikutnya. Ilmuwan mengatakan tidur siang penting bagi otak untuk mengumpulkan ingatan dan pembelajaran di tahap awal. Ketika anak diizinkan untuk tidur setelah makan siang, mereka menunjukan performa yang meningkat signifikan dalam tugas-tugas yang berhubungan dengan visual dan spasial dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang.

Dengan tidur, anak dapat mengingat 10% informasi lebih banyak dibandingkan jika tetap bangun. Pengawasan intensif kepada 14 anak yang diminta datang ke laboratorium mengungkapkan kinerja di otak ketika mereka tertidur, yaitu peningkatan aktivitas di wilayah yang terhubung dengan aktivitas belajar dan integrasi informasi baru.

Kepala peneliti Rebecca Spencer mengatakan "Kami adalah pertama yang melaporkan bukti bahwa tidur siang sangat penting untuk anak-anak di masa pra sekolahStudi kami menunjukkan bahwa tidur siang membantu anak-anak lebih baik dalam mengingat apa yang mereka pelajari di masa pra-sekolah."

Beliau mengatakan sementara anak-anak yang lebih tua secara alami melupakan aktivitas tidur siang mereka, anak-anak yang muda harus didorong untuk tidur siang. Riset lainnya, menunjukan bahwa tidur dibutuhkan oleh manusia karena aktivitas itu membantu pergantian sel otak. Sementara itu, tidur malam atau tidur tidak teratur dapat mempengaruhi prestasi anak.
Share on Google Plus

About ADM

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar