Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Berbagi

Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh Kembang Anak. Seiring dengan berjalannya waktu, sang anak mulai bertumbuh dan akan bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya mulai dari anggota keluarga lain, maupun teman-teman yang ada di sekitarnya.

Dalam bersosialisasi pasti mereka akan berbagi hal-hal tertentu, baik itu mainan maupun makanan yang mereka miliki kepada keluarga atau teman-temannya. Bukan hanya itu saja sang anak juga dapat menjadi pribadi yang baik dan pengertian apabila kita ajari bagaimana rasanya berbagi.

Lalu, bagaimana kalau anak kita tidak mau berbagi?
Yuk sama-sama kita mengarahkan bagaimana cara mengajarkan anak berbagi kepada lingkungannya.

Berilah Contoh padanya
Cara yang terbaik untuk mengajari anak untuk lebih bermurah hati adalah dengan memberi contoh. Jadi jangan segan-segan untuk berbagi ice cream dengannya, tawarkan pertolongan ketika dia sulit memakai sepatu, dsb. Jadi, berbagi itu memang terlihat oleh si anak dari hal-hal yang orang tua lakukan terhadapnya, sehingga dia merasakan betul enaknya dia di bagi ice cream oleh mamahnya, betapa jadi mudah menggunakan sepatu setelah di bantu oleh mamahnya dll. Jadi, ketika anda berbagi dengan si kecil pastikan dia merasakan manfaat dari berbagi itu sendiri, tapi bukan menjadikan si kecil menjadi manja.

Berbicaralah Dengan Anak Anda
Anak yang sudah masuk sekolah taman kanak-kanak sebetulnya sudah cukup untuk bisa di ajak bicara. Jadi ajaklah anak anda berbicara mengenai permasalahan-permasalahan di sekolah dan berikan solusi yang bisa disepakati bersama. Tentunya gaya bicara harus di sesuaikan dengan usia anak. Beri gambaran kepada anak bahwa berbagi bisa memudahkannya untuk memiliki banyak teman, dan beri gambaran pula betapa indahnya jika dia memiliki banyak teman.

Jangan Menghukum Anak
Setelah mengajarkan bagaimana cara berbagi dan dia tidak mau jangan menghukumnya, Hukuman malah akan memicu rasa benci anak dari pada menjadikan anak bermurah hati. Disarankan untuk memberi dorongan positif daripada hanya sekedar teguran atau hukuman. Terus beri dorongan positif agar anak mau berbagi, dan ketika dia berbagi, jangan lupa beri dia pujian.

Demikianlah cara yang dapat orangtua lakukan. semoga bermanfaat
Share on Google Plus

About ADM

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar